WK-Brand Logo

Selasa, 12 November 2013

Perenungan Hidup: Belajar Dari Memelihara Kambing

Perenungan Hidup: Belajar Dari Memelihara Kambing


Oleh Miftahul Huda . 12/11/2013


rutinitas sore hari ternak kambing kayong utara dinas peternakan kku perikanan kku


              Saya dulu waktu masih kecil sempat berpikir, apa sih kehebatan dari seekor kambing???,  Padahal kambing itu cukup bau dan terkadang suka cerewet apalagi kalau malam malam biasanya suka prote kalau tidak di kasih api unggun, heheh sehingga tidak jarang saya bangun malam malam dan menghidupkan kembali apai unggun, kalau musim hujan terpaksa ya pakai racun nyamuk karena mengidupkan api di musim hjan sangatlah sulit disebabkan sampah dan tanah yang basah. Saya sering memperhatikan mereka (kambing-red) memakan makanannya (daun2an) begitu lahap, mereka tidak pernah khawatir dengan hari esok dan selalu melakukan rutinitas seperti hari - hari sebelumnya dengan teman teman mereka, padahal Bisa Jadi mereka sewaktu waktu akan dipenggal sebagai olahan makanan atau di jual. Walaupun dalam kenyataanya kalau saya menjual kambing anak saya yang ikatan emosionalnya sudah terlanjur dekat dengan si kambing, hehhe terkadang suka menangis dan tidak mau kambing di jual, apalagi kalau di sembelih wow ia bisa nangis nangis dari rumah sampai ke sekolah dan di laporkan dengan teman temannya juag gurunya, heheh serius ini cerita anak saya yang lucu. Suatu saat saya menyembelih kambing peranakan etawah sedangkan si kambing itu biasa bermain dengan anak saya, ia sebenarnya tidak setuju kalau kambing itu di sembelih tapi karena si kambing sudah tua ya saya bersikeras tetap menyembelihnya, si anak saya ini nangis nangis sampai di sekolah ia di tanya sama gurunya kenapa nangis nangis, dia bilang dia bersedih kalau kambingnya di sembelih, ia teringat pada saat biasa bermain dan memeluknya, begitu tutur anak saya sambil menangis, hehehe. Sang ibu gurunya hanya tersenyum.


rutinitas sore hari ternak kambing kayong utara dinas peternakan kku perikanan kkudf
Baik sekarang lansgung saja mari kita petik pelajaran dari kambing  di antaranya sbb :




  1. Bahwa kita tidak perlu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi esok hari karena esok hari adalah Misteri. Sehebat apapun planing kita,sematang apapun planing kita untuk esok hari, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari dan tanpa  seijin Allah SWT planing kita tidak akan membuahkan hasil."Apa yang akan kita lakukan hari ini,lakukanlah yang terbaik..

  2. Kambing mengajari kita cara menjadi pemimpin sebab setiap kali kita menggembala kambing saat kita menarik ia pakai tali maka niscaya si kambing tak mau bergerak, kalau bergerakpun terpaksa bahkan tak jarang kakinya di tancapkan di tanah sambil kita menyeretnya, tapi coba kalau kita dari belakang mengarahkannya pelan pelan dengan perasaan kita, maka kambing akan mengerti maksud dan bahasa kita kemana arah yang kita tunjukkan, artinya apa ?.. ini artinya kalau kita jadi pemimpin jangan suka mengekang orang lain, apalagi mengikat atau mendiktenya dan memaksanya, oke sekali mungkin ia mau tapi lama kelamaan ia akan berontak, alantas apa yang kita lakukan ?>.. yup cukup kita dari belakang membimbingnya sambil kita memberi contoh yg baik dan beri kebebasan tanpa tali pengekang, dengan demikian niscaya kita akan di segani dan dengan keseganan tersebut di awasai maupun tidak ia akan menjalankan sesuia perintah dan tanggung jawab. Heheheh

  3. Kambing juga mengajari kita bagaimana kita harus bersabar, betapa tidak, saat kambing saya beranak Tiga, bisa di bayangkan bagaimana induknya setress dan risau saat punya anak tiga sementara putingnya Cuma tiga, dalam hal ini campur tangan kita dengan penuh ketabahan dan bahasa hati yang tulus harus kita lakukan untuk membanu menysukan si anak kambing (cempe ) ini,  heheh.. kita harus sabar kena tanduk Induk yang setress, kita harus sabar melayani carikan pakan yang hijau dan jamu juga, bahkan mensterilkan kandang dari gangguan nyamuk karena anak kambing yg masih kecil sangat rawan, dan hal ini membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Belum lagi aklau malam malam kambing pada kemakan nyamuk atau api unggunya mati, lagi lagi kita harus sabar dan tabah untuk turun ke kandang menghidupkan api unggun, belum lagi saat sial kita di kencingi kambing saat menghidupkan api , hehehe .dan setreusnya ini juga harus sabar.

  4. Dan banyak lagi hikmah dari memelihara kambing, silahkan anda pembaca cari sendiri, boleh di sharekan disini pengalamannya atau mau nambahkan silahkan saja. Makasih

0 komentar: