WK-Brand Logo

Minggu, 20 Oktober 2013

Pantai Pulau Datok Makin Ramai, Tapi Kurang Terkelola

Pantai Pulau Datuk Makin Ramai, Tapi Kurang Terkelola

pantai pulau datok  dan ujang tampoy s

            Siapa yang tidak tahu dengan pantai pukau datok ini, bahkan namanya lebih terkenal dari pada nama kabupaten kayong utara itu sendiri, dari jaman dulu pantai ini sungguh indah bahkan banyak dari kabupaten tetangga yang memilih untuk berlibur di sini karena di kabupaten tetangga sulit mencari pantai yang sekomplit seperti di pulau datuk ini. Bukan hanya dari kabupaten tenagga, penunjung dari berbagai provinsi bahkan juga manca negara juga berdatangan ke pantai ini.


pantai pulau datok  dan ujang tampoy ds


            Zaman masih kabupaten ketapang dahulu pantai ini adalah tujuan utama wisata lokal maupun asing, saat setelah menjadi kabupaten kayong utara sasana pantai ini semakin ramai dengan pengunjung terutama karena di pengaruhi oleh berkembangnya kabupaten baru yang memberi dampak pada kebutuhan manusia juga di bidang pariwisata. Salah satu pelarian para pekerja dan sebagian besar masyarakat adalah berwisata ke pantai pulau datok ini, maka dari hari ke hari tahun ke tahun pantai ini cukup ramai, bahkan pada hari hari biasanya juga sering di banjiri pengunjung, namun sangat di sayangkan sekali tata pengelolaan dari Pemerintah daerah di rasakan sangat kurang, terutama untuk menertibkan Lokasi parkir, Pedagang kaki lima, tempat atraksi hiburan fasilitas  permainan pantai dan lain lain.


pantai pulau datok  dan ujang tampoy


            Beberapa waktu lalu sempat kami berbincang bincang dengan pengunjung asal Pontianak yang sengaja datang ke pantai pulau datok ini, ia menyatakan bahwa pantai ini cukup indah, tapi sayang tata kelola dan fasilitas di sini masih sangat minim, padahal ini adalah aset yang luar biasa bagi PEMDA yang bisa menjadikan pantai ini sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah dari bidang pariwisata. Di ungkapkan pula oleh pengunjung lain dari kabupaten Melawi jika pantai ini akan lebih indah apabila pemerintah serius menangani dan menggarapnya dengan memberikan fasilitas dan pelayanan khusus agar pantai pulau datok ini terlihat lebih rapi bersih aman dan nyaman, sehingga kami yang datang jauh jauh begini akan memiliki kesan tersendiri terhadap pantai pulau datuk ini.


pantai pulau datok  dan ujang tampoy d


            Dari dua testimoni di atas jelas sudah bahwa PEMDA dan dinas Instansi terkait perlu melakukan gerakan untuk menggarap aset besar pantai pulau datok sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang memiliki potensi yang luar biasa, kita sebagai masyarakat mari bersama sama mendorong terwujudnya hal tersebut dengan terus memfollow up dan saling bersinergy, serta mendukung program PEMDA khususnya di bidang ke pariwisataan.  ( MH. 20 / 10/ 2013 )

0 komentar: