WK-Brand Logo

Kamis, 05 April 2012

KETIMPANGAN PELAYANAN RUMAH SAKIT


Rumah Sakit Dr. Soedarso adalah rumah sakit terbesar di Kalimantan Barat yang seharusnya memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pasien yang datang berobat atau yang sedang sakit. Akan tetapi pelayanan Rumah Sakit ini sangat terlihat sekali ketimpangan-ketimpanganya, dimana pelayanan pasien yang menggunakan ASKES, JAMSOSTEK, JAMKESMAS, ASKESKIN, dan kartu berobat lainya dibandingkan dengan pasien yang menggunakan UANG TUNAI.

Pelayanan Terbaik Rumah Sakit Dr. Soedarso Pontianak hanya diberikan kepada pasien yang berobat dengan menggunakan Uang Tunai. Sedangkan kepada pasien yang menggunakan ASKES, JAMSOSTEK, JAMKESMAS, ASKESKIN, dan kartu berobat lainya diberikan pelayanan sealakadarnya. Selain pelayanan seaalakadarnya, setiap pasien yang berobat dengan menggunakan ASKES, JAMSOSTEK, JAMKESMAS, ASKESKIN dll akan dibuat rumit, dan urusanya lama.

Pengallaman pribadi saya yang memebawa keluarga saya yang sedang sakit dan akan dirawat di Rumah Sakit Dr. Soedarso Pontianak yang menggunakan ASKES.
setelah keluarga saya diepriksa diruang UGD, dan saya telah selesai mengurus administrasi2nya (walaupun dengan penuh rasa emosi) akhirnya keluarga saya di pindahkan keruang inap. Seharusnya Askes PNS dengan Golongan 4a dirawat dirunang VIP, Kelas I, atau bahkan Kelas II, eh malahan keluarga saya dirawat di ruangan Kelas III, dengan alasan ke tiga ruangan tersebut penuh. dan saya menerima alasan pihak rumah sakit seperti itu.

setelah selesai semua urusan, saya bersama teman saya sedang duduk didepan aula UGD, berselang beberapa menit kemudian datang seorang pasien yang sedang sakit parah, dan bersamaan dengan itu saya serentak membantu keluarga pasien dalam mengurus administrasinya (karena keluarga pasien tersebut datang dari kampung, dan belum pernah mengurus administrasi seperti ini).
karena pasien tersebut tergolong orang mampu (menengah ke atas), keluarga pasien meminta pasien tersebut dirawat dirunag VIP atau ruang Kelas I. dan anehnya serentak pihak rumah sakit menyatakan ruangan untuk pasien tersebut ada (karena pasien tersebut berobat dengan menggunakan UANG TUNAI).

kenapa demikian?
inikah program pemerintah untuk mensejahterakan kesehatan rakyatnya ?

Sumber : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=190473277735793&set=o.101940266601132&type=1&ref=nf

1 komentar:

yuyun mengatakan...

betul itu