WK-Brand Logo

Senin, 09 April 2012

PETANI KKU, IRONI TERSAMARKAN PROPAGANDA



Adalah potensi KKU ketika “merdeka” luar biasa banyaknya.Hutan, laut, bahan tambang, pertanian dll. Konon potensi inilah yang digadang-gadang bakal jadi modal buat KKU memulai kehidupan dan bertahan hidup. Tentu kita sepakat, modal ini, kalau diramu dengan SDM yang kreatif dan inovatif bakal jadi dapur picu buat kesejahteraan masyarakat KKU.

Maka setuju pulalah kita kalau Pertanian juga potensi yang berharga bagi kita. Betapa tidak, sebagian besar masyarakat kita adalah petani, dengan luas areal tanam yang mendukung pula.Perlu diketahui, mereka jadi petani bukanlah sebuah pilihan hidup, tapi keadaan yang memaksa mereka betah dengan profesi tersebut. Dan jumlah tersebut bertambah ketika sektor kehutanan redup akibat pengetatan regulasi.
Bagi saya, kehidupan riil petani kita tak seindah lukisan sawah nan hijau, tak semerdu kicauan burung pipit yang berhamburan dihalau petani saat padi hampir kuning, tak seperti itu.
Sebagian besar petani (dari semua komodoti) adalah petani tradisional yang bermodal pengetahuan turun temurun seadanya dan sangat sedikit pemahaman tatausaha pertanian. Jadi jangan heran kalau kesejahteraan jauh dari harapan.
Ketika saya coba membuat perhitungan (untuk semua komoditi mayoritas) , didapatkan sebuah angka yang memprihatinkan, balik modal atau merugi (kecuali untuk tanaman padi dengan sistim persawahan yang persentasenya sedikit dibanding sistim tadah hujan). Sebagian besar merka terjerat dalam pola ‘menjadi buruh dilahan sendiri dengan upah murah’.
Harapan akhirnya muncul ketika deklarasi KKU, potensi ini tentu akan distimulus oleh mereka-mereka pembuat kebijakan…
Beberapa waktu yang lalu, dikoran lokal muncul berita dengan tajuk “KKU bangun PERTANIAN MODERN”. Wow…tentu ini kejutan bagi saya..ternyata kreatifitas SDM di KKU diluar dugaan. Sebuah inovasi visi yang mengagumkan bukan?
Lau, percayakah kita? Benarkah program tersebut sudah direncanakan dengan matang? Benarkah program tersebut bisa jalan kalau Anggaran untuk sektor pertanian KKUCuma pada kisaran 2% APBD? Ataukah itu semua PROPAGANDA untuk kepentingan tertentu dan menjadi pelipurlara kaum petaniku yang malang…

Sumber : http://www.facebook.com/groups/101940266601132/

0 komentar: