WK-Brand Logo

Senin, 16 September 2013

JIKE BANGGE DENGAN INDONESIA, PASANG BENDERELAH!

Bendera Merah Putih Wallpaper

Kadang sedeh ga’am meliat suasana HUT RI tiap taonnye, ape gi’ taon ini. Maseh banyak ga’am warge kite yang enggan memasang bendere kebangsaan kite “Merah Putih” tu bah. Pade hal makne historis (sejarahnye) sangat panjang dan melelahkan. Banyak harte bende bahkan nyawe yang jadi korban akibat perang, ape gi’ sampai nak ngibarkan bendere tersebut di tempat umum pada mase itu, nyawe taruhannya. Pikeran pon terkekang, kebebasan pon dibelenggu penjajah.

Mun bendere Partai Politik bah bekapar di sepanjang jalan tu, tapi bendere Merah Putih cume sutik dua’ ja’. Bahkan di depan rumahnye terpasang bendere partai, tapi bendere Merah Putih ndak ade a’. Ade pula’ yang masang bendere Merah Putih bergandengan dengan bendere partai, tapi bendere Merah Putih jauh rendahnye dibandeng bendere partai. Pade hal menurut aturan ndak boleh. Dan ketike bendere Merah Putih dipasang sejajar dengan bendere lain, posisinye pon harus ditengah dan bendere lain tidak boleh lebih tinggi dari bendere Merah Putih. Dasarnye yaitu pasal 21 ayat (1) dan (2) UU 24 Tahun 2009 yaitu tentang Bendera, Bahasa dan Lambaga Negara serta Lagu Kebangsaan.

Kemudian kewajiban memasang bendere Merah Putih bagi setiap warge negere tu yaitu pasal 7 ayat (3) UU 24/2009. Bahkan ade kewajiban Pemerintah Daerah memberikan bantuan kepade warge jika ade wargenye yang tak mampu membeli bendere. Tapi ape ade orang KKU ni yang ndak mampu beli bendere? Beli HP dan ngisi pulsanye ja’ mampu! Dan luncunye gi’, ade (maaf) pejabat negare/daerah, anggota dewan, PNS, guru dll yang ndak masang bendere ga’am, ndak e ngulukan? Mun liat rumahnye bah mewah, motor bekapar, mobil pon kadang ade, tapi bendere payah diliat di depan rumahnye. Suko-suko ade mah pejabat yang masang bendere walapun tiangnye buloh atau kayu ndak tentu rudu yang ndak sesuai ketentuan.

Apekah ini pertande bahwe semangat nasionalisme tu udah semakin luntor ye? Atau bangse ini udah terdoktrin dengan paham kapitalis yang super matrealistik, segalenye berorentasi pade uang/materi hinge ndak sempat mikerkan hal yang gian? Atau udah tidak ade gi’am pendidikan di sekolah yang mengajarkan tentang pentingnye menghargai nilai-nilai sejarah dan patriotisme? Maklom ja’, (maaf) guru ja’ banyak yang ndak masang bendere. Atau tidak ade lagi orang-orang disekeliling kite, pejabat-pejabat kite yang mengingatkan/mengajak menghormati nilai kepahlawanan dengan memasang bendere Merah Putih? Atau benar ini salah satu indikasi degradasi/merosotnye moralitas bangse ini? Atau karne Babinsa sekarang sudah tidak proaktif gi’im ngingatkan warge binaannye untuk memasang bendere, sebab jaman Orba dulok, kalau ndak masang bendere, Babinsa akan turun tangan mendatangi warge yang ndak masang bendere tu? Atau ini bagian dari lemahnye pendidikan politik bangse ini. Wallahu a’lamu.

Kalau dipiker-piker bah, kite bise menghirup udare bebas, bise kerje, bise kaye dan bise segalenye sekarang ni berkat perjuangan para pahlawan dan syuhada dulok ga’am. Semagat Merah Putih itulah salah satu dasar semangat pahlawan kite berjuang, merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangse ini. Masa’ menghormati perjuangan mereke pon kite ndak bise? Kite bah bukan perang dan berkorban segalenye macam mereke dulok bah. Bendere seharge ± Rp. 35.000 pon kite ndak bise beli bah ketelaluan ga’am.

Saye mohon maaf yang sebesar-besarnye jike kate-kate saye menyinggong atau terkesan mengurui semuenye, mumpong ini pon maseh dalam suasana Syawal (Idul Fitri). Namon percayelah saye ndak ade maksod ape-ape. Saye bermasod kite saleng ngingatkan ja’ dan mudahan bermanfaat. Kalau dipandang benar ape yang saye sampaikan silekan kalau maok ngikotinye, dan kalau dipandang salah anggap ja’ ini pepesan kosong – masokan telinge kiri keluarkan telinge kanan ja’lah ye dulor.

Dirgahayu Indonesiaku yang ke- 68. Aku bangga sebagai bagian darimu, bertumpah darah di atasmu dan bertempat tinggal diwilayah kedaulatanmu, INDONESIA!

Sumber : https://www.facebook.com/hasananhani?ref=ts&fref=ts

0 komentar: