WK-Brand Logo

Sabtu, 07 September 2013

kekayaan alam kite di kayong utara Part 1

plp

Sobat  yang baik, inilah kekayaan alam kite di kayong utara kalimantan barat, Pulau pelapis yang di kenal sebagai penghasil ikan bahkan tercatat dalam sejarah wilayah kepulauan karimata adalah penghasil ikan terbesar setelah bagan si api api, kalau tak salah itu pelajaran saat saye masih SD mendengar hal tersebut, dan saye bangge hehehehhe... tapiiiiii.... sekerang ape yg terjadi dengan kite ?>. ... produksi ikan menurun , nelayan hidopnye masih banyak di bawah garis kemiskinan, rasenye tak sesuai dengan name besak pade zaman itu.... apelah kekeire sebabnye ?... saye dengar dengar ade beberape sebab yg pertame akibat Ekploitasi besar besaran di wilayah laut karimata dan sekitarnye dengan peralatan yg menyalahi kode etik alam laut, seperti pakai pukat harimau, bom, sehingge merusak karang dan membunoh ikan yg blm layak di pungut. hal ini banyak di lakukan oleh nelayan nelayan liar dari negeri tetangga, ade sebagian sangat kecik dari nelayan kite yg ketularan virus nakal, hehehehheh...., yg ke dua di sebabkan fungsi pemeritah yg kurang memperhatikan di bidang sumber daya kelautan,... hehehe , kayaknye bah memang kurang am, kalau salh Ujang mintak maaf jak lah yeeeeeee, heheheh . bukan ape takot bah nantek ade yag marah ek saye, .. maklom saye ni gik biak bah.. takot gak am kenak runyak Pak pemerintah ,,, hehehehhehe..., udahm dua jak sebabnye dah cukop dolok sile kali ade yg mauk nambahkan biar tambah bagos....untok pengetahuan kite bersme supaye kite peduli dengan Alam kite ini.

Aktivitas memmanceng yg ade di dalam gambar itu bise bise cume jd kenangan jak suatu saat di pelapis kalau kite tak duli dengana alam laut kite, aok untongnye maseh ade mah nelayan tradisional di pelapis yg rate rate dengan budaya kearifan Lokalnye membuat Kelong ( bagan Ikan seperti jermal ) sebagai sarana mencari ikan dengan tidak merosak, terus ade yg Nunde ( memancing sambil perahu berjalan ), semoge jak care care mereke tersebut tetap berlanjut dan tidak akan terpengaruh dengan care care instan yg membawa pada kerusakan alam.

luar biase memang kekayaan kite, sangking banyaknye ikan dan kekayaan di laut sampai sampai negara tetangga kite mbantu ngambeknye ( MENCURI Bin ILEGAL ), hehehheheh....

Like & Sharekan PERSEMBAHAN Untuk PELAPIS ISLAND - KAYONG UTARA tercinta Kite .

Sumber : https://www.facebook.com/pages/Ujang-Tampoy-Biak-Kayong/245617978811751

0 komentar: