WK-Brand Logo

Rabu, 15 Januari 2014

Puting Beliung Kembali Melanda KKU

Jalan Tanjung Pura Sukadana Rusak, Warta Kayong Kalbar

SUKADANA – Angin kencang yang melanda Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara, Senin petang (13/1/2014), sekitar pukul 19.00 WIB, menyebabkan pohon besar – penghijau Jalan Tanjung Pura, Desa Pangkalan Buton Sukadana tumbang. Akibat peristiwa tersebut, kabel/jaringan PLN ikut terseret pohon, menyebabkan dua tiang listrik condong/tumbang, dan aliran listrik padam total lebih dari separuh malam. Selain itu, siku/biram jalan provinsi tersebut ikut terguras ruat akar pohon sedalam lebih dari 2 M. Turab/barau penopang badan jalan rusak sepanjang 5 meter. Serta menyebabkan pipa/instalasi air bersih pecah.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sebab posisi pohon tumbang menyamping di bahu jalan. Disekitar lokasi kejadian pun tak ada rumah penduduk. Namun, pihak PLN malam itu juga disibukan dengan perbaikan jaringan listrik yang rusak, demi kenyamanan konsumennya.

Atas kerja keras pihak PLN Sukadana, sekitar pukul satu dini hari, listrik pun nyala, ungkap Safarudin, warga yang tinggal sekitar 30 meter. dari tempat kejadian.

Bagi pengguna jalan, perlu waspada dan hati-hati. Sebab, ruat (bungkilan akar) sisa pohon yang tumbang membentuk lobang yang sangat dalam dan curam. Apa lagi posisinya persis dipinggir jalan dan memakan siku jalan. Dikhawatirkan,  kerena pengendara lengah, bisa tercebur ke dalam lobang tersebut, terutama pada malam hari.

Saat ini, untuk menandai bahwa di tempat tersebut ada lobang yang berbahaya, warga setempat memasang pancang (tiang) dari bambu, diberi kantong plastik dipuncaknya, sebagai peringatan agar pengendara lebih hati-hati

Selain itu, diharapkan kepada warga Kayong Utara dan sekitarnya agar lebih waspada. Cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, sangat sulit diprediksi. Tanpa terduga, hujan deras disertai angin atau puting beliung datang tiba-tiba. Sedapat mungkin kita menunda berpergian jika cuaca terlihat tidak bersahabat, terutama bagi para nelayan. Bagi nelayan yang sedang berada di laut, agar segera menepi ketika melihat tanda-tanda akan segera turun angin/ribut● Has

0 komentar: